Simplified eBook Formatting Guide (Panduan Format eBook yang disederhanakan) akan membantu Anda merancang eBook Kindle Format 8 (KF8) di Microsoft Word. Jika Anda lebih suka merancang e-book Kindle Anda di HTML, lihatlah kembali Panduan Format HTML Dasar (Basic HTML Formatting Guidelines) yang telah dibahas sebelumnya .
video tutorial : 1. Introducing Kindle Create Add-in for MS Word
ini linknya jika ingin lihat di youtube
2. Introducing Kindle Create ini linknya jika ingin lihat |
Note:
Sebelum anda meng-upload file word anda, pastikan opsi "Track Changes" dalam keadaan off (mati). Anda dapat mengecek dengan pergi ke seksi "Tracking" dari tab Review.
Sebaiknya bangun buku Anda di Word untuk kemudahan format. Anda bisa menulis buku Anda di Word atau mengubah file sumber yang ada ke format Word (DOC / DOCX). Untuk presentasi e-book terbaik, simak tip berikut ini:
Format File: Simpan konten Anda dalam format DOC atau DOCX. Simpan pekerjaan Anda secara berkala untuk menghindari kehilangan perubahan saat Anda pergi.Tabel: Jika buku Anda membutuhkan tabel, pilih "Insert Table" di Word.
Layout: Anda bisa menggunakan paragraf paragraf default Word, huruf tebal, miring dan judul pada buku Kindle Anda. Hindari font, header, dan footer khusus, yang tidak diterjemahkan ke dalam format Kindle.
Page Breaks: Masukkan halaman istirahat di akhir setiap bab untuk menjaga agar teks tetap berjalan bersama. Di Word, klik "Insert" pada menu bar bagian atas dan pilih "Page Break."
Line Breaks: Jangan tekan enter di akhir baris. Word secara otomatis membungkus baris berikutnya saat Anda mengetik. Jika Anda perlu memasukkan jeda baris di tengah paragraf atau kalimat, tekan Shift + Enter together sehingga jarak antara kalimat akan tetap sama.
Penempatan Gambar: Masukkan gambar berformat JPEG dengan garis tengah. Jangan copy dan paste dari sumber lain. Di Word, pilih "Insert"> "Picture"> lalu cari dan pilih file. Jika buku Anda memiliki banyak gambar, itu bisa dilihat dengan warna oleh pembaca menggunakan aplikasi Kindle gratis untuk PC, MAC, iPad, iPhone, dan Android. Jika tidak, gambar di Kindle ditampilkan dalam 16 warna abu-abu untuk kontras dan kejernihan yang optimal. Jangan sertakan gambar sampul Anda di file manuskrip Anda. Saat Anda menerbitkan atau menerbitkan ulang buku Anda, kami akan menambahkan gambar sampul Anda ke dalam secara otomatis.
Spellcheck dan Grammar: Gunakan alat pemeriksa ejaan dan tata bahasa bawaan dari Word, tapi juga mengoreksi file Anda secara manual. Alat otomatis mungkin tidak menangkap setiap kesalahan.
Front matter
Front matter (Materi depan) mencakup halaman awal buku, seperti Judul Halaman, Halaman Hak Cipta, Dedikasi, Kata Pengantar, dan Prolog. Untuk presentasi yang bergaya dan profesional, tambahkan minimal Judul Halaman.
Judul Halaman: Pusatkan halaman judul dengan judul di atas dan Nama Penulis di bawahnya, seperti contoh di bawah ini. Sisipkan sebuah “page break”
Petualangan Tom Sawyer
Oleh Mark Twain
-Insert Page Break Here-
Oleh Mark Twain
-Insert Page Break Here-
Untuk menyisipkan halaman istirahat di Word, klik "Insert" pada menu bar bagian atas dan pilih "Page Break."
Halaman Hak Cipta: Halaman ini biasanya mengikuti Halaman Judul. Masukkan jeda halaman setelah rincian Hak Cipta.
Dedikasi: Jika Anda memiliki Dedikasi yang disesuaikan, sebaiknya ikuti halaman
Halaman Hak Cipta: Pastikan untuk memasukkan halaman istirahat.
Kata Pengantar: Jika Anda memiliki Kata Pengantar, harus mengikuti Dedikasi. Pastikan untuk memasukkan halaman istirahat.
Prolog: Jika buku Anda menyertakan Prolog, itu harus mengikuti Kata Pengantar. Pastikan untuk memasukkan halaman istirahat.
Formatting text
Setelah membuat materi depan, Anda siap memformat sisa teks Anda. Lekukan, spasi teks, dan paragraf terpisah seharusnya disertakan saat Anda membuat buku Anda di Word. Langkah selanjutnya adalah memasukkan halaman istirahat setelah kalimat terakhir dari setiap bab buku agar tidak berjalan bersama. Bergantung pada jumlah bab yang Anda miliki, ini mungkin merupakan proses yang memakan waktu namun usaha tersebut layak untuk dibaca dengan baik. Selama penerbitan, buku Anda dapat dikonversi untuk mendukung “enhanced typesetting”, fitur yang standarisasi menampilkan dan meningkatkan keterbacaan di perangkat dan aplikasi Kindle. khusus untuk fitur “enhanced typesetting” nanti akan kita bahas dalam pembahasan tersendiri
Hard returns
Sebuah pengembalian yang keras ada dimana saja Anda menekan tombol Enter atau Return saat mengetikkan manuskrip Anda. Hasil yang sulit tidak terlihat kecuali Anda memilih untuk menampilkan semua karakter nonprinting. Untuk menunjukkannya, gunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + * (biasanya nomor 8 pada tombol nomor atas) atau untuk Mac, gunakan Command + 8. Anda akan melihat hasil yang sulit dalam manuskrip Anda yang ditandai dengan simbol paragraf (¶).
Penempatan hasil keras dalam manuskrip Anda dapat mempengaruhi desain buku Anda. Hasil yang keras menunjukkan di mana Anda ingin paragraf baru mulai atau spasi ditambahkan. Anda seharusnya tidak menggunakan hasil keras di akhir setiap baris. Gunakan hasil yang keras untuk:
Start a new paragraph (memulai paragraf baru)
Create an extra space between paragraphs (e.g. a scene break to shift character point of view) : Buat spasi tambahan di antara paragraf (misalnya pemogokan adegan untuk mengalihkan sudut pandang karakter)

Paragraphs
Jarak tab tidak masuk ke Kindle. Sebagai gantinya, indent paragraf dengan mengklik di depan garis yang ingin Anda indent. Pada tab Page Layout di Word, klik Paragraph Dialog Box Launcher, dan kemudian klik tab "Indents and Spacing". Di daftar Khusus di bawah "Indentation", klik "First line" dan kemudian di kotak "By". Tetapkan jumlah ruang yang Anda inginkan agar baris pertama diberi indentasi.
indentations (Lekukan) akan muncul di konten Kindle hanya jika ada di DOC Word. Jika tidak ada lekukan di DOC, Anda bisa mengatur indentasi file DOC dengan menggunakan penggaris lalu simpan file tersebut sebagai HTML sebelum diupload ke KDP (Kindle Direct Publishing). Jika Anda telah menyimpan konten Anda sebagai HTML, Anda harus memformat paragraf menggunakan tag agar lekukan dikonversi dengan benar.
Creating an active Table of Contents (Membuat Daftar Isi yang aktif)
Sebaiknya daftar Isi yang aktif dalam buku Anda untuk kemudahan navigasi. Karena konten di Kindle dapat disesuaikan, penomoran halaman tidak benar-benar berlaku.
Pada PC, Anda dapat menggunakan tool dari MS Word untuk pembuatan Table of Contents (TOC). Pada Mac, Anda harus membuat Daftar Isi secara manual menggunakan fungsi Hyperlink dan Bookmark.
Pada PC, Anda dapat menggunakan tool dari MS Word untuk pembuatan Table of Contents (TOC). Pada Mac, Anda harus membuat Daftar Isi secara manual menggunakan fungsi Hyperlink dan Bookmark.
How to Create a Table of Contents in Word (Buat Daftar Isi di MS Word)
Membuat Daftar isi yang memungkinkan pembaca bisa langsung ke bab atau bagian dengan mengklik link di daftar isi (TOC). Fitur ini sangat penting bagi pelanggan Kindle sehingga Amazon mewajibkan semua eBook Kindle dengan bab atau bagiannya untuk memiliki TOC yang bekerja. Apakah anda Tertarik dengan alat yang dapat membantu Anda membuat TOC yang bekerja dengan cepat dan mudah? Coba cek Kindle Create (Beta) dan Kindle Create Add-in (Beta)
- Kindle Create adalah aplikasi mandiri gratis yang membantu Anda mengubah manuskrip Anda secara otomatis menjadi e-book Kindle yang terformat dengan baik. Alat membuat daftar isi mudah dibuat dengan secara otomatis mendeteksi dan menata judul bab.
- Kindle Create Add-in adalah untuk penulis yang lebih suka format di Microsoft Word. Ini menyediakan kemampuan styling dari Kindle Create, termasuk fungsinya untuk secara otomatis membuat TOC yang bekerja untuk buku Anda. Jika Anda ingin menerbitkan e-book dan paperback, Anda dapat menggunakan berkas .doc (x) yang sama untuk kedua format saat Anda mengunggah manuskrip Anda ke KDP.
Lebih suka membuat TOC (Table of contents) sendiri? Anda dapat membangun TOC yang bekerja menggunakan Microsoft Word (lihat halaman Bantuan Microsoft untuk informasi lebih lanjut tentang pembuatan dan pemformatan TOC). Jika Anda sudah terbiasa dengan fitur TOC di Microsoft Word (perhatikan beberapa versi Microsoft Word yang tersedia dan beberapa fitur mungkin berubah antar versi), Ikhtisar mungkin adalah semua yang Anda butuhkan. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Microsoft Word, lihat halaman dukungan mereka.
TOC Overview for eBooks
- Dari tab Home di Word, format semua judul bab dengan gaya yang sama
- Sorot setiap judul bab dan terapkan gaya dari bagian Styles pada panel alat. Sebaiknya gunakan Pos 1 untuk bagian (atau judul bab jika buku Anda tidak dibagi menjadi beberapa bagian) dan Pos 2 untuk judul bab atau sub-bagian
- Ulangi langkah ini untuk menerapkan satu gaya ke bagian Anda, satu gaya ke sub-bagian Anda, satu gaya pada judul bab Anda ....
- Tambahkan halaman kosong di awal konten Anda (di mana TOC akan muncul)
- Jika buku Anda memiliki halaman hak cipta, masukkan halaman kosong antara halaman hak cipta dan sisa konten buku Anda
- Jaga kursor agar tetap di bagian atas halaman kosong ini dan beralih ke tab “Referensi” di Word dengan memilihnya dari tool bar Word di bagian atas.
- Dari tab Referensi, buatlah Daftar Isi (Otomatis atau Kustom) •
- Pilih Table of Contents dari tool bar
- Pilih Automatic Table 1 atau Custom Table of Contents
- Untuk Custom
- Menghapus tanda centang dari kotak Show Page Numbers
- ubah Show Levels ke "1"
- Pastikan kotak centang "Gunakan hyperlink bukan nomor halaman" dipilih
- Finalize format TOC untuk eBook
- Hapus nomor halaman dan titik-titik terdepan (".... 1 2 3")
- Terapkan gaya khusus “NCX view” agar dapat diaktifkan di Menu Ke Go dari perangkat / aplikasi Kindle Anda
- Untuk judul judul yang akan didaftar, terapkan Titles style ke judul Anda.
- Untuk judul bab yang akan didaftarkan, terapkan Headings 1 style untuk semua judul bab
Create a Table of Contents in Word for PC
Untuk membuat daftar isi (TOC) di Microsoft Word pada PC Anda di Windows, buka file manuskrip Anda di Word dan periksa untuk membuat Anda mulai dari tab Home di toolbar Word Anda. Untuk memformat TOC yang berhasil, semua konten di TOC perlu memiliki Style yang diterapkan padanya. Gaya yang sama perlu diterapkan pada barang yang sama. Misalnya, jika buku Anda memiliki sepuluh bab, masing-masing bab harus diformat dengan gaya yang sama (misalnya, Pos 1). Jika buku Anda memiliki sub-bab, masing-masing judul sub-bab harus diformat dengan sebuah gaya (for example, Heading 2).
- Pergi ke judul bab pertama Anda dan sorotlah (pilih) itu
- Saat judul bab dipilih, buka bagian Styles pada panel alat dan gunakan jenis style-nya. KDP merekomendasikan memakai Headings 1 untuk judul bab utama dan Headings 2 untuk sub-bab yang ingin Anda sertakan di TOC Anda.
- Untuk menyimpan format yang sama dari buku Anda dengan jenis font, ukuran dan warna, Anda bisa meng-klik kanan di Heading 1 atau Heading 2 and Modify sehingga Anda dapat menyesuaikan teks sambil tetap menjaga format yang sama.
Tip: Judul bab harus tetap disorot (dipilih) agar style (gaya) diterapkan.
- Ulangi langkah 1 dan 2 untuk semua judul bab dalam manuskrip Anda.
Tip: Agar Daftar Isi berfungsi dengan benar, dan untuk memastikan bahwa NCX view diaktifkan, semua judul bab harus memiliki jenis heading yang sama.
Setelah Anda menerapkan gaya yang sama ke semua judul bab Anda, Anda harus membuat halaman kosong di mana Anda ingin TOC muncul. Ini harus muncul sebelum konten utama dan setelah masalah depan (informasi hak cipta atau halaman judul).
Untuk memasukkan TOC Anda:- Di bagian atas jendela, ganti dari tab Home ke tab Referensi
- Dari tool bar, pilih Table of Contents. KDP merekomendasikan dua opsi untuk membuat TOC eBook:
- Select Automatic Table 1 from the Table of Contents
· Pilih Custom Table of Contents
· Di jendela pop-up , hapus tanda centang dari kotak Show Page Numbers
· Ubah Show Levels to 1 (one)
· Click OK
TOC akan muncul dengan link kerja ke setiap bab dalam buku Anda. Namun, TOC ini perlu diedit untuk e-book Anda. Dengan eBuku, pembaca dapat mengubah jarak baris dan ukuran font dan margin, jadi nomor halaman standar tidak berlaku untuk eBook. Karena ini, nomor TOC di file Word Anda tidak berlaku dan perlu dihapus agar tidak membingungkan pembaca Anda.
Menghapus page numbers:
- Highlight (select) page numbers and kedepankan dots ("....123")
- Right-click and select Cut
- Save your Word file
Publikasikan file Anda seperti konten lainnya. Jika Anda memperbarui konten, perhatikan bahwa butuh waktu hingga 12 jam untuk melihat perubahan Anda di situs.
Font
Jika Anda menggunakan gaya font unik di file Word Anda dan ingin menyimpannya, gunakan file sumber HTML bisa dicoba file fontnya. Nomor halaman dan jumlah halaman (Nomor halaman dan jumlah halaman). EBook Kindle bisa reflow dan bisa dilihat dengan ukuran font yang berbeda, jadi jumlah halaman dan jumlah halaman tidak berlaku. Saat mengirimkan buku Anda, ingatlah kami tidak menolak konten yang mengecewakan pelanggan kami, termasuk konten yang terlalu pendek
Page numbers and page count
EBook Kindle bersifat reflow dan dapat dilihat dengan ukuran font yang berbeda, sehingga Page numbers and page count (penomoran halaman dan jumlah halaman) tidak berlaku. Saat mengirimkan buku Anda, ingatlah bahwa KDP tidak mengizinkan konten yang mengecewakan pelanggan kami, termasuk konten yang terlalu pendek. Lihat halaman Bantuan ini untuk informasi lebih lanjut mengenai disappointing content.
Text boxes and shapes
Kami tidak menganjurkan memasukkan kotak teks dan bentuk untuk membuat diagram. Jika Anda ingin menyertakan visual seperti ini, masukkan sebagai gambar.
Drop caps
Drop caps adalah huruf kapital besar di awal blok teks dengan dua atau lebih baris teks biasa. Mereka biasanya digunakan untuk huruf pertama dari kalimat pertama sebuah bab. Ini contohnya:

Drop caps di-support oleh KDP, namun mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda jika diunggah langsung dari dokumen Word. Untuk memastikan tampilan drop caps sesuai keinginan, Anda dapat memformat manuskrip Anda dalam HTML.
Anda juga bisa menggunakan manuskrip dan alat penerbitan untuk menambahkan elemen seperti drop caps. Menggunakan Kindle Create (Beta) untuk secara otomatis mengubah naskah yang telah selesai menjadi e-book Kindle yang indah. Atau, jika Anda masih mengerjakan manuskrip Anda di Word, gunakan Kindle Create Add-in for Microsoft Word (Beta) to apply book themes.
Back matter (optional)
Back matter adalah informasi tambahan di akhir buku Anda, seperti Bibliografi, Lampiran, Catatan atau Glosari. Back matter dapat ditata dalam urutan yang Anda pilih, selama Anda memasukkan jeda halaman setelah setiap bagian. Indeks tidak disarankan.
Saving as filtered HTML
Setelah Anda memasukkan jeda halaman Anda dan Anda yakin dengan tata letak buku Anda, simpan file Word Anda ke folder Dokumen atau Desktop Anda di Halaman Web, Filtered (* HTM & * HTML) (untuk PC) atau Web Page ( .htm) (untuk Mac). Format ini diperlukan untuk membangun e-book yang sukses. Saat menyimpan file Word sebagai HTML, semua gambar (jika ada) di file Word akan diekstrak dan disimpan dalam folder terpisah. Folder ini akan disimpan di lokasi yang sama dimana file HTML disimpan.
Uploading your eBook for sale on Amazon
Setelah puas dengan kualitas dan presentasi buku anda, unggah file anda ke Bookshelf anda dan lenkapi proses publikasi.
Demikian materi mengenai Simplified eBook Formatting Guide dan terimakasih.
No comments:
Post a Comment